Pemanis buatan berbahaya bagi gula darah

Saat ini penggunaan pemanis buatan meningkat pesat. Tak hanya pasien diabetes, orang yang sedang berdiet pun banyak menggunakannya. Pemakaian pemanis buatan pun meluas hingga bisa ditemukan dalam berbagai makanan yang berlabel "bebas gula" atau "diet."

Dengan semakin meningkatnya pemakaian dan ragam pemanis buatan, apakah pemanis buatan masih aman bagi pasien diabetes? Sunita Pathania, ahli diet dan diabetes dari Healthy Living Diet Clinic menjawab keraguan ini.

Meski aman digunakan oleh pasien diabetes, Sunita mengingatkan agar pasien menggunakan pemanis buatan dalam takaran yang wajar. Selain itu, pasien diabetes juga harus waspada terhadap pemanis buatan yang mengandung alkohol, seperti mannitol, sorbitol, dan xylitol.

Mengonsumsi gula alkohol mampu mempengaruhi tingkat gula darah. Selain itu, ini juga bisa menyebabkan perut kembung dan diare. Biasanya gula alkohol ini terdapat dalam permen, makanan, dan soda yang berlabel "sugar free."

Sunita menyarankan beberapa pemanis buatan yang aman dikonsumsi oleh pasien diabetes, yaitu:

1. Saccharin

2. Aspartame

3. Acesulfame

4. Sucralose

Sebelum mengonsumsi makanan, ada baiknya pasien gula darah mengecek komposisi pada label. Pemanis buatan memang bisa menjadi jalan aman bagi penderita diabetes, namun selalu ingat untuk menggunakannya secara wajar dan tidak berlebihan.

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?