Pankreas buatan terbukti efektif kontrol gula darah

Kabar baik untuk para penderita diabetes. Percobaan terbaru menunjukkan bahwa pankreas buatan terbukti efektif untuk mengontrol gula darah pada pasien diabetes. Ini adalah terobosan yang besar bagi pengobatan diabetes.

Pankreas buatan adalah alat yang dibuat peneliti untuk memonitor gula dalam darah pasien diabetes. Alat ini akan secara otomatis menyuplai insulin sesuai dengan kebutuhan pasien. Bekerjanya pankreas buatan dengan efektif berarti adanya harapan baru bagi pasien diabetes di masa depan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa komponen penting pada alat ini, sebuah pompa insulin yang diprogram untuk membantu pasien saat gula darah sangat rendah ketika mereka tidur, ternyata bisa bekerja dengan sangat baik pada penelitian selama tiga bulan terhadap 247 pasien. Saat ini, alat yang disebut "smart pump" ini telah dijual di Eropa dan tengah diperiksa oleh Food and Drug Administration di Amerika.

Meski begitu, peneliti mengaku bahwa mereka masih belum mengetahui apakah alat ini bisa bekerja sebaik pankreas asli dalam menyuntikkan insulin secara konstan. Mereka akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hal ini.

"Ini adalah langkah pertama dalam pengembangan pankreas buatan yang lebih baik. Sebelumnya kita semua menganggap ini hanya mimpi. Namun kita telah mendapatkan bagian pertamanya sekarang. Aku berpikir bahwa ini masih akan berkembang lebih baik," ungkap Dr Richard Bergenstal dari Park Nicollet, seperti dilansir oleh CBS News (24/06).

Saat yang paling mengkhawatirkan bagi pasien diabetes tipe-1 adalah ketika gula darah mereka turun drastis ketika tidur, sehingga jumlah insulin melonjak naik. Alat ini diketahui berhenti menyuntikkan insulin dan mati ketika pasien mengalaminya, dalam masa percobaan.

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?