Makanan khusus bagi Pengidap Diabetes

PENGIDAP diabetes tipe 2 sangat dianjurkan mengonsumsi makanan sehat yang berpengaruh baik pada kadar gula.Hal ini karena menurunnya produksi hormon insulin pada pankreas, sehingga berdampak pada tingginya kadar gula.

"Makanan super bagi penderita diabetes adalah makanan rendah lemak dan tinggi nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat," kata ahli diet Sue McLaughlin dari American Diabetes Association, seperti dilansir everydayhealth.com.Berikut asupan bernutrisi untuk membantu mengelola kadar gula darah. 

Kacang sebagai nutrisi berserat

Menurut sebuah studi di Archives of Internal Medicine, konsumsi kacang-kacangan efektif meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes tipe 2.

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat berkualitas tinggi, protein tanpa lemak, dan serat larut. Setengah cangkir kacang menyediakan 1/3 kebutuhan serat harian. Selain itu, kandungan protein pada segenggam kacang setara protein pada satu ons daging.

"Kacang membantu mengontrol kenaikan gula darah sesudah makan," kata McLaughlin. Kacang juga merupakan sumber magnesium dan kalium.

Kayu manis

Rempah ini mengandung senyawa hydroxychalcone, yang dapat merangsang reseptor insulin pada sel-sel tubuh, sehingga membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah.

Berdasar review delapan studi berbeda terkait kayu manis, oleh peneliti dari University of California - Davis, disimpulkan bahwa konsumsi setengah sampai satu sendok teh kayu manis per hari efektif menurunkan kadar gula darah puasa hingga sembilan poin pada penderita diabetes.

Anggur dan Sroberi

Sebuah studi oleh ilmuwan Harvard University yang diterbitkan dalam British Medical Journal pada 2013, menyebutkan bahwa rutin menyantap anggur, blueberry dan apel berkaitan dengan rendah risiko diabetes tipe 2.

Mereka yang makan setidaknya dua porsi buah ini setiap minggu berisiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibanding mereka yang makan kurang dari satu porsi per bulan.

"Berries (termasuk juga anggur dan sroberi) kaya kadar antioksidan. Buah-buah ini sehat untuk jantung, mencegah kanker, dan bebas lemak," kata McLaughlin. Berries juga mengandung vitamin dan serat.

Ikan

"Salmon, tuna, mackerel, dan ikan haring yang tinggi asam lemak omega - 3 terbukti sehat untuk jantung, asalkan ikan tidak dilapisi tepung roti dan digoreng," kata McLaughlin.

Sebuah studi lain menunjukkan bahwa makan ikan setidaknya dua kali seminggu dapat melindungi penderita diabetes dari masalah ginjal.

Brokoli

Selain tinggi vitamin A dan C serta serat, brokoli juga rendah karbohidrat dan kalori. Sayur ini juga memiliki sifat antioksidan dan anti - kanker. "Makan brokoli bisa mencegah kerusakan pada pembuluh darah jantung karena kadar gula darah tinggi," BBC News melaporkan.

Peneliti menemukan bahwa senyawa sulforaphane dalam brokoli, mendorong produksi enzim yang melindungi pembuluh darah. 

Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayur berdaun hijau seperti bayam, sawi dan bok choy tinggi nutrisi mikro jenis vitamin A dan C, serta kalsium; namun rendah kalori dan karbohidrat.

Penelitian oleh ahli dari University of Leicester, seperti dipublikasikan dalam British Medical Journal menyebut, makan satu setengah porsi tambahan sayur berdaun hijau setiap hari mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14%.

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?