Ekstrak daun zaitun bantu kontrol gula darah

Selama ini sudah banyak orang yang mengetahui manfaat kesehatan dari buah dan minyak zaitun. Namun masih sedikit yang mengetahui manfaat bagian lain dari pohon zaitun, yaitu daunnya. Peneliti di University of Auckland, Selandia Baru, menemukan bahwa ekstrak daun zaitun bisa bermanfaat bagi penderita diabetes.

Peneliti meneliti efektivitas ekstrak daun zaitun dalam perawatan diabetes. Mereka menemukan bahwa suplemen dengan ekstrak daun zaitun mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan bahkan meningkatkan sekresi sel pada pankreas. Ini membuka mata peneliti terhadap kemungkinan daun zaitun sebagai salah satu obat untuk penderita diabetes.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah melakukan percobaan pada 46 orang yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka dipisah menjadi dua kelompok, satu kelompok diberikan plasebo dan satu kelompok diberikan ekstrak daun zaitun. Mereka diamati hingga 12 minggu ke depan.

Rata-rata, ekstrak daun zaitun mampu mengurangi resistensi insulin hingga 15 persen dan meningkatkan produksi sel beta yang berfungsi memproduksi insulin sekitar 28 persen, seperti dilansir oleh Daily Health Post (16/01).

Meski peneliti belum melakukan penelitian langsung pada penderita diabetes, namun dengan hasil penelitian tersebut, mereka yakin hasilnya bahkan akan lebih baik pada penderita diabetes. Secara tak langsung, daun zaitun juga bisa mencegah seseorang terkena diabetes.

Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian tahun lalu yang mengungkap bahwa ekstrak daun zaitun bisa membantu pasien diabetes tipe-2 mengontrol tingkat gula darah mereka. Bahkan faktanya, daun zaitun sudah digunakan sebagai makanan alami yang dikonsumsi oleh penderita diabetes oleh masyarakat mediterania.

Mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh penting demi kesehatan. Jika gula darah terlalu tinggi Anda bisa terkena diabetes. Sementara jika gula darah terlalu rendah, Anda bisa mengalami hypoglycemia. Mengonsumsi makanan yang benar dan tepat bisa dilakukan untuk menjaga tingkat gula dalam darah.

Selain rajin berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh, berikut adalah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh agar selalu stabil, seperti dilansir oleh Boldsky 

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?