Tes darah untuk mengetahui kanker pankreas

Cara tes darah untuk mengetahui kanker pankreas -Sebuah tes darah terbaru diketahui mampu menemukan kanker pankreas lebih cepat dibandingkan dengan cara-cara yang sudah ada sebelumnya. Dengan mengetahui kanker pankreas sedini mungkin, pasien akan memiliki kesempatan lebih besar untuk sembuh.

Selama ini kanker pankreas selalu diketahui terlambat karena tak ada cara pasti untuk melakukan diagnosis kanker tersebut. Padahal kanker pankreas merupakan kanker nomor empat yang menyebabkan kematian pada masyarakat di Amerika Serikat. Kanker pankreas yang seringkali diketahui terlambat pada akhirnya akan sulit disembuhkan.

"Kanker pankreas adalah penyakit yang mematikan. Satu-satunya cara yang isa menyembuhkannya adalah dengan operasi, pengangkatan organ," ungkap Donald Richards dari Texas Oncology, seperti dilansir oleh Health Day (21/01).

Tes darah terbaru yang bisa mendiagnosis kanker pankreas sejak dini ini bisa menjadi harapan bagi para pasien. Peneliti Denmark yang melakukan penelitian berharap penemuan ini bisa berkembang menjadi cara untuk menyembuhkan kanker tersebut.

Dalam penelitian ini, tim yang dipimpin oleh Dr Nicolai Schultz dari Herlev Hospital menganalisis lebih dari 400 pasien yang memiliki kanker pankreas. Mereka kemudian membandingkannya dengan 300 pasien sehat dan 25 pasien dengan kanker pankreas kronis.

Sebab dan gejala
Pankreas merupakan ogan di balik perut yang membantu pencernaan dan metabolisme. Pada umumnya, ada dua jenis kanker pankreas, yaitu adenocarcinoma dan kanker endokrin. Belum ada gejala pasti yang menunjukkan kanker ini, namun pasien kanker pankreas biasanya mengalami penurunan nafsu makan, kulit menguning, sakit pada dada dan punggung, serta depresi. Dua jenis kanker pankreas tersebut juga menyebabkan mutasi gen BRCA2(yang merupakan penyebab yang sama kanker payudara). Usia, obesitas, diabetes, dan kebiasaan merokok pun disebut-sebut sebagai penyebab kanker pankreas.

Diagnosis
Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dijalani untuk mendeteksi adanya kanker pankreas, yaitu ultrasound, computerized tomography, dan magnetic resonance imaging (MRI) yang memungkinkan dokter mendiagnosis lokasi dan ukuran tumor. Namun pemeriksaan lain sepertiendoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP) dan endoscopic ultrasound (EUS) juga bisa dilakukan untuk memeriksa secara langsung isi pankreas dan mendiagnosis keadaan tumor pada pankreas. Selain itu, biopsi dan tes darah juga perlu dilakukan untuk mendeteksi seberapa jauh kanker telah berkembang.

Pengobatan
Jika kanker belum menyebar, maka operasi pembedahan bisa dilakukan untuk menghilangkan tumor. Terapi radiasi dan kemoterapi juga merupakan alternatif untuk mengobati kanker pankreas. Sebuah obat jenis baruyang dikembangkan oleh para ahli bahkan disebut-sebut ampuh untuk mengobati kanker pankreas.

Pencegahan
Karena ada mutasi gen yang terjadi pada kanker pankreas, maka bisa saja penderita kanker pankreas menularkan penyakitnya kepada keturunannya. Maka dari itu pemeriksaan rutin untuk mendeteksi kanker secara dini perlu dijalani. Hidup sehat dan menghindari rokok serta alkohol pun sebaiknya dilakukan untuk mengurangi risiko terserang kanker pankreas.Semoga informasi tersebut di atas mengenai sebab, gejala, dan pengobatan kanker pankreas berguna bagi Anda!

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?