Benarkah gula darah diabetes tidak bisa disembuhkan ?

Benarkah gula darah diabetes tidak bisa disembuhkan ? -Kebanyakan makan gula tidak akan membuat hidup Anda semakin manis. Salah-salah gula darah meningkat dan merusak pankreas. Akibatnya, seumur hidup Anda harus bergelut dengan diabetes mellitus yang tak bisa disembuhkan.

"Selama ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan diabetes, yang bisa dilakukan adalah mengontrol gula darah," tutur dr Agastja Wisjnu Wardhana, SpPD, FINASIM (RS Polri Kramat Jati dan RS Selapa Polri Lebak Bulus), saat berbincang dengan detikHealth, ditulis pada Rabu (13/11/2013).

dr Agastja menjelaskan diabetes tidak bisa disembuhkan karena memang terjadi kelainan di fungsi pankreas, sehingga tidak bisa memproduksi insulin, atau bisa juga karena kerja insulinnya tidak bagus sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Diabetes tidak bisa disembuhkan karena penyakit ini tergolong degeneratif dan bersifat kronis. Artinya, sekali terkena maka dapat menurunkan fungsi-fungsi organ di dalam tubuh. Sekali orang didiagnosa dengan diabetes, maka sel-sel tubuhnya sudah berubah, genetiknya pun berubah, sehingga tubuh gagal memetabolisme glukosa.

"Yang terpenting harus dilakukan adalah mempunyai target supaya kadar gula darah bisa terkontrol dengan baik, dikelola dengan baik. Dengan begitu kita bisa membantu mencegah kerusakan akibat aktifnya radikal bebas," tambah dr Agastja.

Hal yang sama juga disampaikan oleh dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD. Menurutnya, diabetes memang tidak bisa disembuhkan, tetapi ia menjamin penyakit ini dapat dikontrol sehingga pasiennya tetap hidup dengan sehat.

"Diabetes itu memang sekali kena tidak bisa sembuh, tapi saya jamin bisa terkontrol jadi tetap sehat," tegas dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD, PhD, dari Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM kepada detikHealth.

Menurut dr Dante, berapa pun tingginya gula darah dalam tubuh penderita diabetes, masih bisa balik ke tingkat normal lagi bila si pemilik tubuh mau disiplin menjalani hidup sehat untuk mengontrol gula darahnya.

Cara mengontrolnya antara lain dengan mengurangi atau membatasi asupan glukosa dan makanan berkalori tinggi, makan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, perbanyak makan sayur dan buah, serta teratur kontrol gula dan darah minum obat bila kondisinya memang sudah cukup parah. Pada tahap ekstrem, penderita diabetes juga membutuhkan suntik insulin.

Meski tidak bisa disembuhkan, dokter kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini mengatakan pasien diabetes masih bisa hidup dengan sehat. Bahkan terkadang ada pasien diabetes yang terlihat lebih sehat dan bugar ketimbang orang biasa.

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?