Mengenal Hormon Insulin Transgenik Lebih Rinci

Mengenal Hormon Insulin Transgenik Lebih Rinci -Di dalam tubuh manusia memiliki sistem yang sangat lengkap untuk membantu dalam mengontrol/mengkoordinasikan aktivitas berbagai organ tubuh yaitu salah satunya hormon. Hormon akan berguna jika hormon tersebut masih diproduksi dan bekerja sesuai dengan perannya. Misalnya, hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Dalam pankreasmengandung ±100.000 pulau Langerhans dan setiap pulau mengandung 100 sel β. 

Sel β inilah yang memproduksi hormon insulin yang mana sel β dapat diibaratkan sebagai anak kunci yang dapat membuka pintu masuknya glukosa ke dalam sel. Untuk kemudian di dalam sel, glukosa tersebut dimetabolisame menjadi energi. Jika hormon insulin tidak bekerja dengan baik maka glukosa akan tetap berada di dalam pembuluh darah yang menyebabkan kadar glukosa di dalam darah meningkat. Di pulau Langerhans terdapat juga sel α yang berfungsi memproduksi glukagon yang bekerja sebaliknya dari hormon insulin, yakni meningkatkan kadar glukosa darah.

Bila hormon insulin dan glucagon bekerja sesuai perannya

Terdapat penyakit-penyakit yang disebabkan karena hormon. Misalnya, penyakit diabetes mellitus (DM) atau lebih dikenal dengan penyakit kencing manis, penyakit tersebut diakibatkan karena timbulnya masalah dalam produksi hormon insulin.

Beberapa faktor penyebab diabetes melitus sebagai berikut:

· Genetik (faktor keturunan)

· Pola makan

· Kurangnya berolahraga

· Virus dan bakteri

· Bahan toksin atau beracun

· Overnutrition

Banyaknya penderita diabetes di Indonesia dikarenakan gaya hidup masyarakat yang tidak memperhatikan pola hidup sehat. Berdasarkan survey WHO tahun 2001, jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia sekitar 17 juta orang (8,6% dari jumlah penduduk) atau menduduki urutan terbesar ke-4 setelah India, Cina, dan Amerika Serikat (AS). Data Depkes menyebutkan jumlah penderita DM yang menjalani rawat inap dan jalan menduduki urutan ke-1 di rumah sakit dari keseluruhan pasien penyakit dalam.

Banyaknya penderita diabetes membuat para ilmuan (dokter) untuk memproduksi hormon insulin dengan cara buatan (transgenik) dengan bantuan bakteri Escherichia coli.



(a) Pembuatan hormon insulin dilakukan dengan menyisipkan gen insulin ke dalam bakteri Escherichia coli.

(b) Kini, hormon insulin didapatkan oleh penderita diabetes mellitus dalam bentuk cair.

Tahapan-tahapan pembuatan hormon insulin:
1. Mengisolasi plasmid dari E. coli. Plasmid berisi untaian DNA. Keunikan plasmid yaitu bisa keluar-masuk ‘tubuh’ bakteri, dan bahkan sering dipertukarkan antar bakteri.
2. Kemudian plasmid dipotong pada segmen tertentu menggunakan enzim restriksi endonuklease. Sementara itu, DNA yang di isolasi dari sel pankreas dipotong pada suatu segmen untuk mengambil segmen pengkode insulin. Pemotongan dilakukan dengan enzim yang sama.
3. DNA kode insulin tersebut disambungkan pada plasmid menggunakan bantuan enzim DNA ligase. Hasilnya adalah DNA rekombinan.
4. DNA rekombinan yang terbentuk disisipkan kembali ke sel bakteri.
5. Kemudian bakteri dikembangbiakkan.
6. Menginduksi sel bakteri untuk   mengekspresikan gen insulin sehingga menghasilkan hormon insulin.
7. Lalu mengisolasi dan memurnikan hormon insulin  tersebut.

Pemberian insulin kepada penderita diabetes hanya bisa dilakukan dengan cara disuntikan. Jika diberikan melalui oral, insulin akan rusak di dalam lambung. Setelah disuntikan, insulin akan diserap ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh yang akan menormalkan kadar gula darah dan merubah glukosa menjadi energi. Tempat menyuntikkan insulin juga harus diperhatikan. 

Bila kadar glukosa darah tinggi, sebaiknya disuntikkan di daerah perut dimana penyerapan akan lebih cepat. Namun bila kondisi kadar glukosa pada darah rendah, hindarilah penyuntikkan pada  daerah perut. Secara urutan, area proses penyerapan paling cepat adalah perut, lengan atas dan paha. Insulin akan lebih cepat diserap apabila daerah suntikkan digerak-gerakkan. Pemberian injeksi insulin secara teratur dalam meningkatkan kadar insulin dalam darah penderita dapat meminimumkan komplikasi.


Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?