Merokok bisa menyebabkan kanker pankreas langsung mati

Merokok bisa menyebabkan kanker pankreas langsung mati -RISIKO terkena berbagai penyakit akibat rokok terus berkembang. Penyakit yang muncul pun kebanyakan penyakit yang cukup mematikan, salah satunya kanker.

Menjadi penyebab kanker nomor satu tak membuat para perokok cemas akan kesehatan mereka. Padahal, banyak fakta menunjukkan bahwa rokok memiliki efek sangat buruk terhadap kesehatan Anda. Orang-orang yang merokok lebih dari satu bungkus dalam sehari dikategorikan sebagai perokok berat.


“Jika punya kebiasaan ini, Anda bisa terkena kanker pankreas pada usia lebih muda,” tutur seorang peneliti Michelle A. Anderson, MD, dari University of Michigan Health System di Ann Arbor kepada Reuters, seperti dikutip Everydayhealth.

Temuan yang dipublikasikan dalam American Journal of Gastroenterology menunjukkan bahwa perokok mungkin mengembangkan kanker pankreas lebih awal dari mereka yang tidak merokok. Kanker pankreas sendiri cukup sulit dideteksi. 

Kebanyakan mereka didiagnosa mengidap kanker pankreas dan kanker sudah menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Anda mungkin harus segera mengurangi atau berhenti merokok agar risiko terkena penyakit mematikan seperti kanker bisa dicegah.

Kabar baik bila semua pecinta kacang. Meski kacang dikenal mengandung banyak lemak yang kadang juga bisa memunculkan jerawat, namun sebuah penelitian dari Brigham and Women's Hospital, serta Harvard Medical School mengungkap bahwa makan kacang bisa menurunkan risiko kanker pankreas pada wanita.

Mengonsumsi satu ons kacang setidaknya dua kali seminggu bisa menurunkan risiko kanker pankreas. Hasilnya tetap sama, bahkan ketika peneliti mempertimbangkan berbagai macam faktor lain seperti usia, kebiasaan buruk seperti merokok, berat badan, diabetes, dan kebiasaan olahraga.

Penelitian ini diterbitkan dalam British Journal of Cancer, dan peneliti menegaskan bahwa hasil penelitian ini sama sekali tak berkaitan dengan sponsor, yaitu Tree Nut Council Nutrition Research & Education Foundation, seperti dilansir oleh Huffington Post (10/11).

Hasil ini didapatkan melalui pengamatan terhadap 75.680 wanita yang belum pernah mengalami kanker sebelumnya. Peneliti kemudian menganalisis konsumsi kacang partisipan termasuk jenis-jenis kacang seperti walnut, almond, pistacio, hazelnut, dan lainnya.

Selain memiliki risiko kanker pankreas yang lebih kecil, wanita yang sering makan kacang diketahui memiliki berat badan yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tak makan kacang, ungkap peneliti Ying Bao.

Konsumsi kacang juga diketahui berkaitan dengan turunnya risiko penyakit jantung, sindrom metabolisme, dan diabetes tipe-2. Sebuah penelitian sebelumnya bahkan mengaitkan konsumsi walnut dengan kualitas sperma yang lebih baik pada pria

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?