Cara mengoptimalkan kerja hormon insulin

Cara mengoptimalkan kerja hormon insulin -BAGI manusia, insulin itu ibarat udara dan sangat vital keberadaannya. Apa sebab? Hal itu karena insulin berfungsi menjaga kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit diabetes mellitus. Kemudian, insulin juga membantu dalam penyerapan glukosa dari darah.  

Sebaliknya, bila seseorang tak berfungsi insulin tubuhnya hal itu menyebabkan resistensi insulin. Seperti yang diketahui resistensi insulin adalah hasil dari hormon, di mana insulin gagal untuk memproses gula dalam makanan, yaitu glukosa.

Dr B.M. Makkar, Direktur Diabetes & Obesity Centre menjelaskan, "Resistensi insulin didefinisikan sebagai tidak adanya respons atau kurang optimal dari berbagai jaringan tubuh terhadap insulin. Dengan kata lain, insulin tidak bisa dimanfaatkan sepenuhnya dalam tubuh dan oleh karena itu ada peningkatan kadar glukosa di atas nilai normal dalam darah."

Dokter menambahkan, "Resistensi insulin juga terkait dengan kelainan metabolik lainnya seperti tingkat cairan yang tidak normal, peningkatan tekanan darah, dan pembangunan aterosklerosis (istilah penumpukan lemak dalam pembuluh darah)."

Beberapa gangguan resistensi insulin itu berkaitan dengan tekanan darah dan penyakit jantung. "Tidak ada gejala spesifik dari resistensi insulin. Namun, beberapa tanda bisa Anda temukan pada peningkatan pigmentasi dan penebalan kulit pada lipatan kulit di tengkuk leher," kata Dr. Makkar.

Meski begitu tak usah cepat cemas, sebab ada aneka makanan yang bisa mengurangi resistensi insulin. Berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup.

- Cokelat
- Aneka buah berry
- Red wine
- Teh
- Makanan tinggi serat
- Makanan yang kaya antioksidan 
- Sayuran
- Mengelola berat badan atau berat badan ideal
- Minyak zaitun
- Produk berbahan kedelai.

Sementara itu, obesitas dan kelebihan berat badan adalah alasan utama untuk resistensi insulin. Selain itu, aktvitas fisik juga penting. Olah karenanya, penurunan berat badan dan mengelola berat badan menjadi hal penting untuk mengurangi kemungkinan seseorang mengalami resistensi insulin.

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?