Banyak Makan Bahayakan Kadar Gula Darah

Banyak Makan Bahayakan Kadar Gula Darah -PENYAKIT diabetes sering dipengaruhi oleh kebiasaan dan pola makan. Pasalnya, pola makan yang diterapkan diabetesi akan memengaruhi kadar gula darahnya. Oleh karena itu, diabetesi harus selalu mengatur pola makan agar kadar gula darah terkendali.

Staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen IPD FKUI/RSCM, dr Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD, KEMD, mengatakan bahwa orang yang memiliki penyakit diabetes, porsi makannya tidak boleh sedikit juga tidak terlalu banyak. Namun, menurut dr Tri Juli, pola pikir yang terkadang salah dari diabetesi adalah sangat mengurangi porsi makan.

“Kadang-kadang yang salah itu diabetesi sangat mengurangi makan. Padahal, kadar gula darah menjadi tinggi bukan karena dari makannya saja. Jadi, diabetesi juga perlu makan dalam jumlah pertengahan atau sedang," katanya di InterContinental Jakarta MidPlaza, Jakarta, baru-baru ini.

dr Tri Juli menambahkan bahwa hal penting lain yang harus dilakukan diabetesi adalah mengonsumsi obat dan pengawasan. Dia menganjurkan diabetes untuk mengecek kadar gula darah secara teratur, misalnya dengan Self Monitong Blood Glucose (SMBG).

SMBG juga sering disebut memonitor kadar gula darah secara mandiri. Tujuan dari SMBG adalah memonitor kadar gula darah dalam waktu tertentu agar tetap terkontrol dengan baik menghindari terjadinya komplikasi.

"Kemudian memeriksa HBH1C, ini yang harus dilakukan diabetesi setiap bulan atau enam bulan, yakni mengukur kadar gula darah mereka dan skrining secara teratur komplikasi kroniknya,” tutupnya

Alasan lain untuk menghindari makanan bergula adalah fakta bahwa  steroid memiliki kecenderungan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Pada kebanyakan orang, hal ini bukanlah masalah berarti. Namun pada penderita diabetes, orang-orang dengan berat badan berlebih, wanita hamil dan mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes kenaikan gula darah adalah hal yang berisiko. 

Beberapa penderita diabetes yang sebelumnya telah dikontrol oleh diet atau pil mungkin harus beralih ke insulin untuk sementara waktu. Kenaikan gula darah ini umumnya sembuh ketika dosis steroid berkurang atau dihentikan. Pastikan dokter Anda tahu jika Anda penderita diabetes dan pada semua pasien yang diberi steroid harus melakukan tes gula darah secara berkala.

Anda Butuh Solusi Diabet dan Gula Darah ?